Jangan mudah percaya!

4 12 2012

Selain sejarah tentang Palestina dan Israel, video tersebut juga menceritakan kejatuhan khilafah Islam di Turki yang menghancurkan negara-negara Islam lainnya di Timur Tengah, sehingga kini negara-negara tersebut (kecuali Saudi Arabia) menggunakan sistem sekuler dalam hukum dan pemerintahannya.

Masih teringat di kepala saya, pelajaran sejarah internasional di bangku sekolah tentang gejolak di Timur Tengah pasca perang dunia. Hal yang harus dihapalkan berulang kali adalah bahwa Mustafa Kamal Pasha adalah pahlawan negara Turki dalam menumpas pemerintahan yang lalim. Padahal, ternyata justru dia bekerjasama dengan Inggris untuk menggulingkan khilafah Islam yang pada saat itu berkedudukan di Istanbul, sehingga kemudian Turki “diberi kemerdekaan” oleh Inggris dengan Mustafa sebagai presidennya. Dengan sistem sekuler tentunya.

Mengerikan saat saya mengetahui betapa pemerintah dapat memberikan pemahaman2 tertentu untuk membentuk pola pikir kepada generasi muda melalui materi pembelajaran di sekolah. Fakta sejarah dapat diputarbalikkan begitu saja untuk membentuk opini peserta didik mengenai suatu hal tertentu.

Contoh kasus tersebut tentunya menjadi refleksi bagi saya sebagai orangtua, bahwa saya tidak boleh cuek dengan pelajaran anak-anak saya di sekolah. Semua buku pelajaran harus saya baca back to back. Saya juga harus kritis terhadap standar kompetensi yang ditentukan oleh Kemendiknas.

Intinya, saya tidak boleh mudah percaya dengan program pendidikan pemerintah.

Sad but true.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: