Jangan Mudah Percaya! (part 2)

12 12 2012

Hasil diskusi dengan teman pagi ini:
Pembodohan generasi muda berupa penjejalan materi pelajaran yg terlalu banyak (sehingga mengurangi kualitas otak utk bernalar), acara2 TV (dan iklan konsumtif) yg tidak mendidik & tidak bermoral, serta supply makanan tdk bergizi berupa junk food itu sesungguhnya merupakan konspirasi yg bertujuan kepada pengkerdilan bangsa Indonesia di lingkungan internasional di masa datang.

Sebagai perbandingan, kurikulum SD di Indonesia itu setara dengan kurikulum SMP di negara2 yang lebih maju, bahkan beberapa materi dalam kurikulum SMA di Indonesia itu baru diajarkan di universitas untuk jurusan tertentu! Anak-anak SD di Amerika Serikat baru belajar mengeja bahasa Inggris, dimana bahasa tersebut merupakan mother tongue mereka, sedangkan anak SD di Indonesia sudah belajar bahasa Inggris, walaupun untuk pemahaman bahasa Indonesia saja mereka masih terbatas. Bernalar dalam bahasa Indonesia saja mereka belum bisa maksimal. Dengan kata lain, sistem pendidikan yang sekarang ini bukannya mencerdaskan bangsa, tapi malah membodohi bangsa.

Benarkah hipotesa tersebut? Kita bisa buktikan dengan mengawasi sendiri perkembangan anak2 kita, jangan menyerahkan sepenuhnya kepada institusi yg tidak mengutamakan perkembangan nalar & akhlak.

Jangan mudah percaya dengan sistem pendidikan, karena bagaimanapun juga sistem itu dibuat oleh manusia, yang mempunyai tujuannya masing-masing. Sistem yang paling terpercaya bagi setiap orang adalah sistem pendidikan yg kita susun untuk buah hati kita, karena tentunya semua orangtua menginginkan yang terbaik bagi anak2nya.

20121212-110715.jpg

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: