The [Real] Jakarta Marathon 2015 Champions

25 10 2015

  

Mau sharing dikit seputar Jakmar hari ini…
Sepanjang race & sesudahnya, gw ketemu orang2 luarbiasa, para pemenang sejati. Ada ibu2 sudah lumayan sepuh yg salip2an sama gw sepanjang trek 5K itu, sementara beliau pake kursi roda. Ya! Kursi roda. (Iyaaa, gw emang larinya cupu banget ๐Ÿ™ˆ). Walaupun tubuhnya kurus, ternyata beliau atlit dengan kekuatan tangan yg luarbiasa dan bermental baja. Beliau finish nggak jauh di belakang gw lho… Warbiyasak! 

Ada juga sepasang runners, dimana sang istri dengan setia lari2 kecil disamping suaminya yang terpincang2, sepertinya karena kram betisnya. Semoga mereka berdua istiqomah sampai finish line tanpa kurang suatu apa pun. 

Lalu ada lagi kawan saya, Ichan, yang cedera di tengah pertarungan sepanjang 43Km yang panas, namun beliau pantang menyerah dan tetap berjuang hingga garis finish walau dengan berjalan kaki.

Dan juga para virgin 5K, 10K, HM dan FM runners yang hari ini bisa menorehkan prestasi perdananya di running apps masing2, juga semua runners yang berhasil meraih personal best serta mencapai finish.

Bagi gw pribadi, menjadi juara itu bukan melulu karena catatan waktu dan jarak, melainkan Dare to dream, and dare to achieve your dream!

So, let’s dream our next race!





Negation

6 09 2014

Simple logic:
1st statement: Lawyers always tell lies.
2nd statement: I’m a lawyer.
Logic: Can you accept my 1st statement above?

When one statement (or fact) negates another statement (or fact) as truth, then the result is just like not having any statement (or fact) at all.





Pemilu Pertama

9 07 2014

Tahun ini tahun politik di Indonesia, karena diwarnai oleh masa Pemilihan Umum anggota dewan legislatif dan presiden beserta wakilnya. Dan keduanya, adalah pemilu pertama gue.

Untuk pertama kalinya di bulan Mei kemarin dengan penuh harapan dan cinta terhadap bangsa, gw nyoblos gambar para calon wakil rakyat itu, walaupun nggak ada yang gw kenal seorangpun. Walau hasilnya tidak sesuai dengan harapan, tetap gw yakin itu adalah kehendak dan taqdir Allah yang sudah dituliskan 50ribu tahun sebelum penciptaan dunia, sehingga gw harus ikhlas menerima. Segala isu kecurangan seputar pelaksanaan pemilu nggak gw gubris karena yah…memang sudah kehendak Allah hasilnya demikian. Sebagai rakyat, gw hanya bisa menerima dan mentaati, sebagaimana firman Allah azza wa jalla:
ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ูŽ ูˆูŽุฃููˆู„ููŠ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูู†ูƒูู…ู’ ููŽุฅูู† ุชูŽู†ูŽุงุฒูŽุนู’ุชูู…ู’ ูููŠ ุดูŽูŠู’ุกู ููŽุฑูุฏู‘ููˆู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ู ุฅูู† ูƒูู†ุชูู…ู’ ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู ุฐูŽูฐู„ููƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ู‹ุง

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
[QS. AnNisaa: 59]

Hari ini pun pertama kali gw ikut memilih capres dengan benar (bukan nyoblosin semua gambar!). Bukan karena yang satu lebih baik dari yang lain, bukan pula karena yang satu lebih jelek dari yang lain, karena sebenarnya keduanya kurang memenuhi kriteria pemimpin sesuai syariat. Selain itu, dalam Islam juga tidak mengenal sistem “vox populi vox dei” seperti yang kita laksanakan sekarang. Dalam Islam, vox dei ya vox dei, nggak usah pake vox populi ataupun Michael J. Fox, yang dikehendaki Allah terjadi maka akan terjadi (QS. YaaSiin: 82).

Gw hari ini memilih untuk memilih bukan karena gw cinta demokrasi, tapi karena kaidah ushul fiqh dalam Islam yang menyatakan bahwa:
ุฏูŽุฑู’ุกู ุงู„ู’ู€ู…ูŽููŽุงุณูุฏู ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฌูŽู„ู’ุจู ุงู„ู’ู€ู…ูŽุตูŽุงู„ูุญู
Menghindarkan kerusakan lebih diutamakan daripada mendatangkan kemashlahatan.

Hal ini berdasarkan firman Allah berikut:
ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู„ูŽุง ุชูŽุชู‘ูŽุฎูุฐููˆุง ุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆุฏูŽ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุตูŽุงุฑูŽู‰ูฐ ุฃูŽูˆู’ู„ููŠูŽุงุกูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ู„ููŠูŽุงุกู ุจูŽุนู’ุถู ูˆูŽู…ูŽู† ูŠูŽุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู‡ูู… ู…ู‘ูู†ูƒูู…ู’ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽู‡ู’ุฏููŠ ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู…ููŠู†ูŽ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.
[QS. Al-Maidah:51]

Dan bahwa segala perbuatan kita akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat. Well at least I have done something for my religion and my nation.

Dan apapun hasilnya, gw harus bisa menerima dengan ikhlas, karena itulah ketetapan Allah azza wa jalla.





Kalah Jadi Abu, Menang Jadi Arang

11 06 2014

Serunya pertandingan politik di berbagai social media akhir-akhir ini membuat saya tiba-tiba teringat cerita Harry Potter and the Goblet of Fire. Dalam 3 babak pertandingan memperebutkan piala api itu, ternyata semua para cajur (calon juara) berbuat curang, termasuk Harry, walau kecurangan itu diluar kehendak mereka. Semua cajur sudah mengetahui tugas/ pertanyaan yg akan diberikan pada setiap babak karena ada pihak2 yg membocorkan tugas/pertanyaan tsb, sehingga para cajur bisa mempelajari terlebih dahulu pertanyaan yg akan diberikan. Seperti yg sudah diketahui bersama, pertandingan berakhir dengan kematian Cedric Diggory di babak final, dan Harry Potter berhasil meraih piala api bergilir besertaย sekantung galleon yang ia berikan kepada si kembar Weasley. Tapi kemenangan itu sia-sia bagi Harry, karena walaupun ia menjadi Juara, seumur hidupnya ia didera rasa bersalah karena kematian Cedric.

See? Kalah jadi abu, menang jadi arang.





Masihkah Kita Mendewakan Demokrasi?

14 05 2014

Inilah Konsekuensi negara autopilot yg rakyatnya suka main hakim sendiri. Polisinya yg takut dikroyok massa.
Dan ini semua dihalalkan negara atas nama Demokrasi.
Kalau sudah begini, masihkah kita mendewakan demokrasi?

ุฃูŽููŽุญููƒู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠูŽู‘ุฉู ูŠูŽุจู’ุบููˆู†ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุญููƒู’ู…ู‹ุง ู„ูู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠููˆู‚ูู†ููˆู†ูŽ
โ€œApakah hukum Jahiliah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?โ€ [QS. Al-Maaidah : 50]

http://m.detik.com/news/read/2014/05/14/041344/2581884/10/mobil-tabrak-pemotor-lawan-arus-polisi-kita-tidak-lihat-siapa-yang-salah

View on Path





Penuaan Dini

19 03 2014

“Penuaan itu pasti terjadi dan tidak dapat dihindari. Tapi penuaan dini itu dapat dihindari. Hal yang menyebabkan penuaan dini yaitu dari kesalahan pola pikir dan pola hidup, diantaranya:
1. Makan minum berlebih
2. Hubungan seksual berlebih
3. Meminum minuman keras (khamr)
4. Stress berlebihan
5. Tertawa berlebihan

Solusi pencegahan penuaan dini adalah dgn memperbaiki pola hidup & pola pikir tsb diatas, sebagaimana telah disampaikan Allah dan rasulNya dalam al-Qur’an dan asSunnah.” – Shinshe Abu Muhammad, pakar pengobatan herbal & thibbun nabawi.

Maasya Allah, betapa luasnya ilmu dalam Islam. Masihkah kita mencari ilmu diluar Islam?





Payung

2 02 2014

20140202-202743.jpg

Bersyukurlah akan apa yang kita miliki, maka kita akan menjadi kaya. Inilah pelajaran yang saya dapat di sore hari yg hujan ini. Karena diantar pulang seusai mengajar mengaji dirumah dan mungkin agak terburu2, payung sang ustadz pun ketinggalan. Sebuah payung sederhana yang semata2 berfungsi melindungi pemiliknya dari guyuran air hujan. Saya pikir, “ah biarkan saja, minggu depan toh bisa diambil.” Namun tak lama sang ustadz pun sms dan mengatakan bahwa beliau ingin mengambil payungnya itu seusai shalat maghrib.

Saya tertegun membaca sms tersebut. Logikanya, kalau bukan untuk urusan yang sangat penting, seseorang tidak akan keluar rumah di malam hari hujan dan dingin seperti ini. Saya pun berkesimpulan bahwa beliau tentunya sangat membutuhkan payung tsb, karena mungkin hanya payung itulah yg dimiliki, dan karena beliau tidak memiliki kendaraan pribadi.

Saya langsung merasa tertampar. Selama ini saya selalu merasa tidak puas akan kendaraan yang saya miliki dan iri dengan mobil keluaran terbaru milik teman maupun saudara. Padahal, jika dibandingkan sang ustadz yang setiap hari harus berjalan kaki kedinginan membawa payung di hari hujan, saya jauh lebih beruntung bisa duduk dengan nyaman didalam mobil, payung beroda empat yang juga berfungsi melindungi pemiliknya dari guyuran hujan.

Tanpa saya tunda lagi, langsung saya kabarkan melalui sms bahwa kami akan mengantarkan payung tsb malam ini kerumahnya. Dan saat itu juga, saya langsung merasa 100 kali lebih kaya, kemudian saya berjanji pada diri sendiri untuk (setidaknya berusaha) tidak iri pada payung beroda empat terkini milik teman.

Sungguh kesederhanaan hidup yang layak dijadikan teladan. Barakallahu fiikum yaa ustadz, semoga selalu dalam lindungan Allah ta’ala.








%d bloggers like this: