AADC: Ada Apa Dengan Cirebon?

8 01 2018

The Battle of Empal: Empal Gentong vs. Empal Asem

Mungkin banyak yang bertanya-tanya: Kenapa sih kok Enya seneng banget jalan-jalan ke Cirebon? Kayaknya hampir setiap liburan mainnya ke sana melulu deh. Ada apa di Cirebon yang nggak ada di sister cities lainnya?

Oke, pertama-tama saya jelaskan bahwa saya itu pehobi travelling yang (dulu) punya anak kecil (sekarang udah besar) dan bayi, dengan alokasi waktu dan budget terbatas. Yak lanjut. Cirebon itu kota kuliner. Banyak makanan enak di Cirebon dengan harga yang murahnya gak ketulungan, sehingga kita bisa makan enak sampe kenyang tanpa khawatir dompet jebol! Mulai dari nasi jamblang, nasi lengko, sate, tahu gejrot, bubur sop ayam, docang sampai ke empal gentong dan empal asem, duo dinamit andalan kuliner Cirebon, dapat disantap cukup dengan merogoh kocek kurang dari 30 ribu rupiah. Mau beli cemilan untuk oleh-oleh namun budget terbatas? Gampang! Ada “kerupuk melarat”, yang konon digoreng tanpa minyak goreng, melainkan menggunakan pasir.

The battle of nasi: Nasi Jamblang vs. Nasi Lengko

Oke lanjut. Suka batik? No further comments on this. Gak mungkin gak kenal kawasan Trusmi lah yaa… Saya sih lebih suka belanja batik di sini daripada di sentra batik ibukota. Sekalian beli sabun leraknya yang wangi.

Oke next. Cirebon itu kota bersejarah. Seperti halnya Yogya dan Bogor, dahulu kala di Cirebon terdapat kerajaan yang berdaulat, sehingga tentunya banyak peninggalan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Saya sebagai penggemar sejarah bangsa tentunya sangat menikmati menelusuri jejak peninggalan sejarah di Cirebon.

Berikutnya, nah ini yang paling penting. Traffic Jakarta-Cirebon itu nyaman banget! Lalu lintas di dalam kotanya pun masih tergolong nyaman, tidak terlalu crowded. Inilah yang menyebabkan saya lebih suka berlibur ke Cirebon daripada ke sister city yang letaknya di sebelah selatan itu, walaupun jaraknya lebih jauh. Sehari-hari udah ketemu macet di Jakarta, masa’ liburan nyari macet lagi?

Jalanan kayak begini nih yang bikin semangat roadtrip ke Cirebon!

Nah, jadi udah jelas kan.. Ayo, ke Cerbon jerrrr…!

Advertisements




Desa Alamanis Resort Villa – Review Saya

5 01 2018

Desa Alamanis Resort Villa terletak di daerah Bukit Gronggong, perbatasan antara wilayah Cirebon dan Kuningan, Jawa Barat. Awalnya kami berniat menghabiskan akhir pekan di tempat ini, namun karena sudah fully booked, kami baru berkesempatan untuk check in pada hari Minggu. Dari segi lokasi, resort ini sangat mudah ditemukan, dan cukup dekat dari Gerbang Tol Ciperna Barat (sekitar 5 menit kondisi normal). �.

.

Alhamdulillaah karena kami datang di hari Minggu, suasana resort cukup sepi, total hanya ada 5 kamar yang tersewa termasuk kami. Resort ini bernuansa asli pedesaan tempo doeloe. Bahkan di dalamnya terdapat “Balai Desa” dan “Warung”! Banyak sekali spot-spot yang instagrammable di resort ini, cocok dengan hobi foto kedua anak kami yang mulai beranjak remaja. Kamar-kamar di resort ini bertipe cottage, dengan teras masing-masing, seolah seperti rumah pribadi.

.

.

Keunggulan resort ini adalah suasananya yang damai dan amenities-nya yang bernuansa tradisional, sehingga membuat saya betah berlama-lama menikmati me-time di berbagai sudut resort ini. Kamarnya yang berukuran besar juga nyaman bagi keluarga yang membawa anak-anak. Kolam renangnya juga bersih, menghadap ke lembah nan hijau. Totally eye theraphy! Namun karena lokasi cottage yang saling berdekatan, saya tidak bisa membayangkan jika resort ini berada dalam kondisi full booked dan semua penghuni cottage bercengkrama di terasnya masing-masing! Selain itu, ketika low season, tidak semua fasilitas resort dibuka, seperti Warung dan Balai Desa yang tidak beroperasi ketika kami ke sana.

.

.

Overall, Desa Alamanis Resort ini bisa jadi pilihan tepat untuk menginap ketika berkunjung ke Cirebon atau Kuningan, jika anda ingin jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota.

#hotelreview #cirebontrip #kuningantrip #holiday #holidayphotos #hotelkuningan #instablogger #onedayonepost





Hotel Review: Turtle Beach Hotel, Ujung Genteng

29 01 2017


This is the hotel where we stayed at the Turtle Beach (Ujung Genteng). The name is Turtle Beach Hotel. The place is nice & clean. The unit has 2 identical bedrooms with a big living room & balcony. There’s no water heater in the bathroom (well, who needs a hot bath in a hot beach, right?). You are not allowed to cook in the hotel, but they provide you a gallon of water on a hot water dispenser & a fridge in your living room for your refreshment needs.

There are 3 rounded-swimming pools, and those are clean, don’t worry! The beach is totally safe for children, because it’s a coral beach. 

The only objection I have for this place is only the food, especially their free-breakfast-buffet menu. But hey, there are lots of small restaurants & warungs (street vendors) by the beach nearby with bargain price that can meet your needs! Make sure you try the famous fresh grilled fish on your trip in Ujung Genteng. Have fun!

#turtlebeach #vacation #hotelreview #travelphotography #travelling #beach #ujunggenteng #hotel





(Nggak Harus) Main Air di Rumah Air, Bogor Nirwana Residence

5 03 2016

Rumah Air

img_1910-2
Keseruan siang ini di Resto Rumah Air BNR.

Tulisan ini nggak ngebahas makanan yaaa… Karena selera orang kan beda2. Saya bahas aneka permainannya aja yaaah di resto ini. Lumayan banyak sih mainannya, tp kudu bawa banyak uang cash buat beli tiketnya. Harga tiket permainan berkisar antara 15ribu – 40ribu perak. Mainan yg tersedia mulai dari perahu bebek, ATV, segway, sepeda mini, mobil2an, becak2an, naik kuda poni (kayak di taman safari), bahkan mobil vw kodok kayak di alun2 kidul Jogja juga ada! Oh iya, kalau mau main paintball & outbond juga bisa, tapi minimal 10 orang. Mau leyeh2 aja di saung sambil ngasih makan ikan koi? Bisaaa… 1 bungkus makanan ikan bisa ditebus dengan harga 10 ribu perak.
Perjalanan yg lama, macet dan berliku (lewat jalan alternatif) jadi terbayar karena ngeliat anak2 pada seneng main!

 





The Beauty of “Sakura” in Sakura Park BSD

4 08 2015


Yes, now we can enjoy the beautiful Sakura without needing to travel all the way to Japan. Just ride your car to Aeon Mall Bumi Serpong Damai, South Tangerang, and enjoy the beauty of Sakura flowers as you stroll along Sakura Park.

However, remember to visit this place in the evening to be able to enjoy the magnificent scenery, since the “Sakura” here is actually lamp circuits which can only be lit at night! Here you can take some pictures, stroll along the park, or simply just sitting by the “flowers” while listening to the music with your loved ones.





Info Terkini Haji Khusus Indonesia 1436 H / 2015 M

15 03 2015

“Labbaik allaahumma labbaik…”

Kali ini saya mau share mengenai info terkini Haji Khusus Indonesia periode tahun 1436 H/ 2015 M yang saya peroleh pagi ini dari ustadz M. Hafiz, Lc di Cibubur.

Sebagaimana telah kita ketahui, sejak tahun 2013 yang lalu kuota jamaah haji di seluruh dunia berkurang sebesar min.20% sebagai dampak proyek perluasan Masjid al-Haram yang menutup banyak area masjid. Tidak hanya itu. Di tahun 2013 yang lalu bahkan terjadi tambahan pemotongan kuota sebanyak 20% setelah para jamaah melakukan pelunasan pembayaran, sehingga total kuota yang terpotong adalah sebanyak 40%. Konsekuensinya, para jamaah yang batal berangkat di tahun tersebut harus diberangkatkan di tahun berikutnya, sementara kuota jamaah haji belum kembali normal. Selain itu, ternyata dari total kuota jamaah haji khusus (yang sudah berkurang 20%) itu masih dikurangi lagi untuk para petugas pendamping jamaah haji.

Saat ini, waktu tunggu terlama untuk haji reguler bisa mencapai 18 tahun, sedangkan untuk haji khusus bisa mencapai 7 tahun. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, seperti pertumbuhan penduduk dan ekonomi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, dan juga peningkatan ilmu aqidah mayoritas masyarakat. Faktor lainnya yaitu adanya fasilitas perbankan berupa dana talangan haji yang memungkinkan para calon jamaah untuk mendapatkan nomor porsi secara dini yang dibayar dengan cara mengangsur. Efek samping dari fenomena ini adalah tingginya angka pembatalan maupun penundaan keberangkatan calon jamaah haji dikarenakan mereka belum mampu melunasi biaya haji pada tahun keberangkatan. Sebagai akibatnya, nomor porsi mereka menjadi berstatus “dorman/ tidur”.

Mengingat panjangnya antrian calon jamaah haji, maka untuk mensiasati “porsi tidur” tsb agar tidak mubadzir, pemerintah kini memberlakukan fasilitas “Batal/Tunda Lunas/Ganti” (BTLG). Sistem BTLG ini mensyaratkan bahwa bilamana ada calon jamaah haji yang batal/menunda keberangkatannya, maka calon jamaah haji yang belum mendapat porsi untuk berangkat pada tahun tersebut dapat menggantikan posisi calon jamaah haji yang batal tadi sepanjang memenuhi ketentuan sbb:

  1. Merupakan calon jamaah haji dari perusahaan travel yang sama (penggantian berlaku per travel agent). Sebagai contoh, di travel A ada 2 orang batal berangkat, maka yang berhak menggantikan adalah 2 orang di travel A tsb. Sebaliknya, jika di travel A tidak ada yg batal berangkat, maka tidak ada orang yg berhak di travel A, walau di travel B ada 10 orang yang batal berangkat.
  2. Telah mendaftar sebelum 1 Juli 2013
  3. Bersedia membayar pelunasan ONH yang bersangkutan dan membayar dana talangan pelunasan ONH “porsi tidur”, dimana dana untuk “membangunkan porsi tidur” ini akan dikembalikan pemerintah kira2 sebulan setelah seluruh proses ibadah haji selesai dilaksanakan. Ilustrasinya begini: jika X batal berangkat di tahun 2015 ini, maka jika Y (yang merupakan jamaah dari travel agent yang sama) ingin menggantikan X harus membayar pelunasan ONH Y sebesar US$ 4000 ditambah talangan pelunasan ONH X sebesar US$ 4000, jadi total yang harus segera dibayar Y adalah US$ 8000. Adapun dana talangan X US$ 4000 tadi akan dikembalikan ke rekening Y sebulan setelah seluruh proses ibadah haji selesai dilaksanakan.
  4. Diberikan berdasarkan sistem “urut kacang” dalam travel agent yang sama.

Jadi, kita harus punya “tabungan nganggur” sebesar US$ 4000 yang tidak akan digunakan selama setengah tahun jika ingin berangkat haji lebih cepat.

Berikut ini timeline pembayaran pelunasan ONH dan update nomor porsi (Prediksi) yang bisa berangkat di tahun 2015 ini.

Kuota nasional adalah “kuota tidur” yang tidak terpakai karena dalam travel agent yg bersangkutan ada fasilitas BTLG yg tidak dimanfaatkan, sehingga travel agent tab menyerahkannya kepada pemerintah untuk dibagikan kepada calon jamaah haji khusus lainnya di Indonesia. Prioritas kuota nasional diberikan kepada:

  1. Lansia > 83 tahun;
  2. Jika ada suami-istri yang terpisah tahun keberangkatan; dan
  3. Jika ada orang tua-anak yang terpisah tahun keberangkatan, dimana si anak adalah mahrom atau pendamping orang tuanya.

Biaya haji minimal untuk haji khusus ditentukan oleh pemerintah. Untuk harga paket haji (all in) biasanya mengikuti kebijakan masing2 travel agent, tergantung maskapai dan hotel yang digunakan. Ilustrasi berikut ini bisa jadi pedoman, dimana biaya yg ditampilkan adalah biaya minimum (quad sharing, sekamar berempat). Untuk biaya triple dan double sharing masing2 biasanya berjarak sekitar US$ 500.

Nah, untuk itinerarynya ada kemungkinan akan berubah mulai tahun ini untuk haji khusus, untuk mengurangi kepadatan jemaah haji pasca ibadah haji.

Demikian infonya sementara, semoga bermanfaat. Silahkan mulai menghitung tabungan dan menghubungi travel agent anda, siapa tahu ada calon jamaah yang menunda/ membatalkan keberangkatannya dan anda berkesempatan untuk memanfaatkan fasilitas BTLG.

Semoga kita semua diberi kemudahan dan kelancaran dalam menunaikan rukun Islam yang kelima ini dan semoga menjadi haji yang mabrur.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349). An Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Yang dimaksud, ‘tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga’, bahwasanya haji mabrur tidak cukup jika pelakunya dihapuskan sebagian kesalahannya. Bahkan ia memang pantas untuk masuk surga.” (Syarh Shahih Muslim, 9/119)

“Labbaik allaahumma labbaik…”





Legoland Malaysia Resort -Day 2: everything is awesome!

9 02 2015

IMG_8242
Hi again!
Saya lanjutin yah cerita seputar petualangan di Legoland Malaysia Resort kemarin . Perut yang kosong di pagi hari begitu dimanjakan dengan aneka hidangan Asia di Brick Restaurant. Sambil menikmati hidangan yg lezat2 itu, mood kita juga dimanjakan dengan aneka gimmick Lego-big-sized-minifigure di dalam restaurant.

IMG_8237

IMG_8236

IMG_8238

Sudah kenyang?
Nah, kamipun check out di pagi hari, menitipkan barang bawaan di hotel lalu memulai petualangan hari ini di Legoland Theme park. Theme parknya sebenarnya buka jam 10.00, tapi khusus utk tamu hotel dibuka lebih awal yaitu jam 9.30. Asiikk!! Setengah jam bebas antriiii!!

Ini penampakan berbagai wahana seru yang sangat children-friendly di dalam theme park.

IMG_8239

IMG_8241

IMG_8240

IMG_7862

IMG_8044

IMG_7935

IMG_8079

IMG_7948

IMG_8020

IMG_7824

IMG_7850-0

IMG_7877

Saking serunya, sampe kadang lupa ambil foto! Hehehe… Di beberapa wahana, tersedia fasilitas picture air, yang bisa ditebus di counter foto depan wahananya mulai dari harga RM50. A bit pricey, tapi bolehlah buat kenang2an. Ada juga fasilitas sewa locker di berbagai lokasi di dalam, dan dryer booth untuk mengeringkan badan seusai main basah2an.

Untuk yang membawa anak yang lebih kecil, nggak usah khawatir, di setiap area ada playground untuk toddler, indoor dan outdoor. Kantin/resto juga tersedia di setiap area! LLM ini benar2 memperhatikan kenyamanan seluruh pengunjungnya lho!

Oh well, tak terasa, hari sudah sore, wahana pun sudah hampir semuanya dinaiki. Sudah waktunya kembali ke Singapore. Hikss… Eitss, jangan lupa habiskan uang ringgit anda di Lego Big Store dekat pintu keluar/masuk, untuk membeli berbagai suvenir menarik khas Legoland Malaysia.

Everything is totally awesome in Legoland Malaysia!

Setelah keluar dari Legoland Resort, naiki kembali bus LM1 menuju Larkin station (karena tidak ada bus dari legoland kembali ke JB Sentral), lalu dari Larkin berganti bus CW1/CW4 tujuan JB Sentral. Nggak usah khawatir, ada banyak kok! Nah, nanti di JB Sentral, naiki bus Singapore nomor 160/170 tujuan Kranji (Singapore, bukan Bekasi!). Bakal ngantri banget di sore hari, karena kepadatan orang pulang kerja. Tapi ngantrinya enak kok, karena orang Singapore semuanya tertib antri, nggak usah khawatir ada yg nyelak antrian, hehehe…

Jangan lupa isi kartu kedatangan di imigrasi Singapore, dan selamat datang kembali di Singapore, selamat melanjutkan petualangan di negeri singa!

See you in the next adventure, insyaAllah! 😉








%d bloggers like this: